Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Saturday, July 20, 2013

2 Juta Orang Meninggal Tiap Tahun Akibat Polusi Udara

 

Liputan6.com, Jakarta : Tingginya angka polusi di dunia, ternyata sangat mengkhawatirkan. Walaupun beberapa program seperti car free day dan pengurangan emisi sudah dilakukan, ternyata hal ini belum cukup. Bahkan penelitian terbaru menyebutkan kadar polutan yang tinggi setidaknya membuat 2 juta jiwa meninggal tiap tahun.


Sebuah studi di Sydney, Australia baru-baru ini menemukan bahwa ada sekitar 2 juta jiwa meninggal akibat paparan polusi di dunia. Walaupun jumlah ini menurun dari tahun sebelumnya, tapi hal ini masih dianggap mengkhawatirkan.


Beberapa penelitian, seperti dilansir Digitaljournal, Selasa (16/7/2013) mengingtakan kita kembali agar lebih bekerja keras dalam menurunkan angka polusi dan memberi kesadaran bagi dunia bahwa polusi sangat berbahaya.


Dari Science Daily misalnya, disebutkan pada Juli 2012 IOP Publishing jurnal Environmental Research Letters memperkirakan sekitar 470,000 orang meninggal dunia setiap tahun karena semakin menipisnya lapisan ozon.


Penelitian ini juga memperkirakan bahwa 2,1 juta kematian akibat polusi setiap tahunnya disebabkan oleh manusia itu sendiri. Kematian tersebut juga setelah diteliti berasal dari peningkatan partikulat atau partikel kecil yang tersuspensi di udara yang masuk kee dalam paru-paru, sehingga menyebabkan kanker dan penyakit pernapasan lainnya.


Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2012 menyatakan bahwa ada sekitar 3,5 juta kematian per tahun akibat polusi udara dalam ruangan dan 3,3 juta dari polusi udara luar. Kedua polusi ini bisa menyebabkan penyakit seperti pneumonia atau kanker.


Parahnya, WHO menilai sebagian besar korban polusi di dunia adalah perempuan dan anak-anak.


Sementara di Indonesia pada 2012 sempat disebut menjadi negara ketiga di dunia dengan polusi tertinggi. Dan Jakarta menjadi salah satu kota dengan kadar polutan tertinggi setelah Beijing, New Delhi, dan Mexico City. Tapi saat ini belum ada penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut.


(Fit/Abd)




Sumber Liputan6




Info Alkes

No comments:

Post a Comment