Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Friday, May 3, 2013

Lingkungan yang Bikin Orang Amerika Berbadan Tinggi

Liputan6.com, Jakarta : Persepsi tentang masalah gizi yang dipengaruhi oleh gen dianggap kurang tepat. Karena, yang memengaruhi gizi adalah lingkungan. Kalau dulu, orang Jepang bertubuh pendek. Sekarang berbeda. Banyak warga Jepang yang memiliki tinggi badan melebihi orang Indonesia.

Demikian disampaikan Prof. (Em) Soekirman, PhD di Jakarta yang ditulis Kamis (18/4/2013).


"Dulu, tahun 1942 saya sudah berumur enam tahun. Jadi, saya melihat tentara Jepang berbaris itu pendek-pendek. Jadi, orang Jawa saja melihat mereka lebih pendek. Namun, setelah Perang Dunia selesai, banyak orang Jepang pindah ke Amerika. Lalu, satu generasi semua tinggi-tinggi. Nah, kalau begitu karena apa? Lingkungan," ujar Soekirman.


Jadi, teori gen dalam hal ini kurang kuat. Meskipun pengaruh gen itu ada, menurut Soekirman, faktor lingkungan justru lebih kuat. Menurut Soekirman, hal yang sama juga terjadi pada orang-orang Indonesia yang ada di Amerika.


"Sama seperti orang-orang Indonesia yang sekolah di Amerika. Itu teman-teman saya dan teman-teman Bu Endang (Dr. Endang Achadi dari FKM UI), bawa anak, apalagi yang lahir di sana, pulang-pulang tinggi-tinggi, besar-besar". (Zul/Abd)




Sumber Liputan6




Info Alkes

No comments:

Post a Comment