Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Wednesday, May 1, 2013

Sebagian Korban Flu H7N9 di Cina Tak Kontak Unggas

Liputan6.com, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Rabu, menyatakan sebagian penderita yang dinyatakan positif flu burung galur baru di Cina tidak memiliki sejarah kontak dengan unggas.

Fakta ini menambah gelap misteri mengenai virus yang hingga saat ini telah membunuh 16 orang di Cina tersebut.


Jurubicara WHO Gregory Hartl menegaskan bahwa ada korban yang tidak memiliki sejarah kontak dengan ternak unggas.


Sebelumnya seorang peneliti Cina mengatakan bahwa sekitar 40 persen pasien yang terinfeksi virus H7N9 tidak pernah kontak dengan unggas sebelumnya.


"Ini adalah satu teka-teki yang masih harus dipecahkan dan membutuhkan jaringan penelitian yang luas," kata Hartl seraya menambahkan bahwa ia belum mengetahui pasti persentasenya.


Cina telah diperingatkan mengenai kemungkinan meningkatnya jumlah korban terinfeksi dari 77 orang saat ini. Korban terakhir berasal dari kota dagang Shanghai dimana sebagian besar kasus ditemukan, demikian dilaporkan kantor berita Xinhua, Kamis (18/4/2013).


Sumber pasti infeksi virus tersebut masih belum jelas dan sejauh ini belum ada laporan penularan virus dari manusia ke manusia.


Beberapa sampel dinyatakan positif di beberapa pasar unggas yang masih menjadi fokus penelitian oleh otoritas Cina dan Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO).


Kepala peneliti epidemiologi pada Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China (CDPCC) Zeng Guang seperti dikutip harian Beijing News mengatakan, sekitar 40 persen korban tidak terpapar dengan ternak sebelumnya.


"Bagaimana mereka bisa terinfeksi? Ini adalah misteri," katanya.


Menurut pengamatan Reuters yang didasarkan pada laporan-laporan media lokal, hanya 10 dari 77 kasus yang tercatat hingga Selasa memiliki sejarah kontak dengan unggas.


Namun CDPCC enggan berkomentar mengenai hal tersebut.


"Karena sumber infeksi tidak dikendalikan secara efektif, kemungkinan jumlah kasus bisa meningkat," demikian Xinhua mengutip hasil kajian risiko yang dibuat oleh Komisi Kesehatan Nasional dan Keluarga Berencana.


Sektor peternakan Cina mencatat kerugian lebih dari 10 miliar yuan (1,6 miliar USD) sejak munculnya berita mengenai galur baru flu burung dua minggu lalu.


Pihak berwenang Cina telah menyembelih ribuan unggas dan menutup pasar-pasar unggas hidup di Shanghai dan Beijing, dalam upayanya menekan laju infeksi terhadap manusia.


Sebuah tim beranggotakan pakar-pakar flu burung internasional akan tiba di Cina pekan ini untuk membantu penelitian virus, kata WHO.


Otoritas Cina pada Minggu melaporkan virus tersebut telah menyebar diluar wilayah delta Sungai Yangtze di timur Cina, dengan sejumlah kasus dilaporkan di ibukota Beijing dan provinsi Henan. (Abd)




Sumber Liputan6




Info Alkes

No comments:

Post a Comment