Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Thursday, March 21, 2013

Usai Kepulauan Seribu, RS Apung April Berlayar ke Bangka Belitung

Liputan6.com, Jakarta : Sebuah kapal Pinisi disulap Yayasan Dokter Peduli DoctorSHARE menjadi rumah sakit apung. Kapal yang dicat dasar putih dengan garis merah di bagian bawahnya itu mulai berlayar ke Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, pada Sabtu 16 Maret 2013 dan akan beroperasi hingga Minggu (17/3/2013). Usai di Kepulauan Seribu, RS Apung itu akan berlayar ke Bangka Belitung pada April.

Kapal berukuran 23,5 ? 6,55 meter itu akan memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang kurang beruntung di kepulauan di Indonesia. Pinisi adalah kapal layar tradisional khas asal Indonesia.


"Ini adalah sumbangsih yang nyata dari kami untuk sesama saudara kita yang membutuhkan pertolongan medis, tetapi belum mendapatkan kesempatan karena berbagai faktor terutama faktor geografis dan faktor finansial," kata dr. Lie A. Dharmawan selaku pendiri DoctorSHARE, pada pembukaan launching rumah sakit apung di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, Minggu (17/3/2013).


Dari tampilan fisik, kapal rumah sakit apung itu agak berbeda dengan kapal sejenisnya. Di atas kapal tersebut terdapat ruang kemudi. Pintu masuk ke dalam kapal terbilang sempit, hanya bisa dilalui 1 orang. Di lorong depan pintu masuk, ada beberapa kursi plastik untuk tempat tunggu pasien.


Setelah pintu masuk, di kanan ada jalan yang agak lebar menuju ruangan yang belum terpakai dan tangga turun. Di sebelah kanan setelah ruang tunggu, ada ruang resusitasi 3 dan seberang kirinya ada lorong menuju ruang resusitasi 1, ruang operasi, dan ruang resusitasi 2.


Ruang resusitasi 3 berisi kasur matras untuk pasien setelah operasi, ruang resusitasi 1 berisi peralatan, salah satunya tabung oksigen, ruang resusitasi 2 berisi kasur matras untuk pemeriksaan pasien sebelum operasi.


Di ruang operasi terdapat peralatan, seperti lampu, alat anestesi, tabung oksigen, alat hisap lendir, dan darah, obat-obatan serta tempat tidur tindakan.


Di lantai bawah terdapat beberapa ruangan kosong dan kamar mandi. Rencananya, digunakan sebagai ruang USG, rontgen, laboratorium, ruang arsip, kamar dokter, kamar perawat, kamar karyawan, ruang diskusi, dan dapur. Peralatan belum digunakan atau belum ditaruh karena ruangan belum terpakai saat ini.


Secara keseluruhan, rumah sakit apung sudah cukup bagus, kebersihan, penerangan serta pendingin ruangan, seperti AC atau kipas angin juga sangat baik. Hanya saja, lebar jalanan dan ruang sangat terbatas karena kapalnya memang berukuran kecil. Sehingga sempit dan tidak bisa semua pasien menunggu di dalam. Meski demikian, rumah sakit apung diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat, terutama di pulau terpencil.


"Saya berharap dan saya yakin ini adalah rumah sakit apung pertama dan akan diikuti oleh banyak-banyak lagi rumah sakit apung lainnya, yang pasti akan membawakan keuntungan dan kebahagiaan bagi bangsa dan negara kita," kata dr. Lie pada pers dan semua pihak terlibat.


Usai ke Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, rumah sakit apung itu akan berangkat ke Bangka Belitung, Flores, dan Sumbawa. Namun, kapal tersebut harus diperbaiki terlebih dahulu karena akan membutuhkan waktu yang lama di perjalanan.


"Tujuan kami berikutnya adalah Pulau Bangka, Pulau Belitung, terus Kalimantan Barat."


"Kami merencanakan bulan April ini, Bangka Belitung dan Kalimantan Barat."


"Sesudah itu kami akan ke Bali, kami akan ke Sumba, Flores."(Zul/Mel)




Sumber Liputan6




Info Alkes

No comments:

Post a Comment