Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Monday, April 15, 2013

Ada Lho Toko Khusus Makanan dan Minuman Bebas Gluten dan Casein!

 Liputan6.com, Jakarta : Saat ini sudah banyak orangtua yang menyadari betapa pentingnya memilih asupan makanan yang aman untuk anak-anaknya apalagi kalau si anak menyandang autisme. Diet yang disebut bebas gluten dan casein (Gluten Free and Casein Free) menjadi populer.

Meski begitu, ada juga orangtua yang ragu dan takut mencoba mengganti bahan makanan khusus anak autis ini dengan alasan kalau anak sedang dalam masa pertumbuhan.


Mengutip salah satu buku karya Jaquelyn McCandless, MD yang berjudul Children with Starving Brains: A Medical Treatment Guide for Autism Specrum Disorder disebutkan bahwa terjadinya inflamasi lambung anak autis disebabkan oleh gluten, kasein, kedelai dan makanan lainnya. Spesialis autisme ini menyebutkan bahwa hal ini bukanlah alergi tapi lebih merupakan respons inflamasi T-cells (tipe darah putih yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh) terhadap makanan.


Sebelumnya sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. H. Jyonouchi dari Universitas Minnesota, Amerika Serikat menunjukkan bahwa 75 persen anak-anak dengan gangguan sprektrum autisme memiliki reaktivitas T-cell pada makanan yang cukup tinggi.


Inilah yang membuat seorang wanita warga Jakarta yang tidak mau disebutkan namanya tergerak untuk membuka sebuah toko yang menjual makanan berbahan khusus untuk anak-anak penyandang autisme.


Toko yang terletak di Kawasan Slipi, Jakarta Barat tepatnya di lantai 4 gedung Jakarta Design Center menyediakan berbagai bahan makanan khusus seperti makanan dan vitamin untuk anak autis.


"Bahan makanan yang disediakan di sini dijamin bebas tiga komponen, yaitu casein, gluten dan sugar," ujar salah satu penjaga toko yang ditemui, Senin (1/4/2013).


Menurut pantauan Liputan6.com, walaupun bahan makanan di toko ini kebanyakan impor tapi ada beberapa ibu yang menyuplai kue kering yang bebas gluten dan casein.


Di toko ini memang banyak barang impor, karena persediaan bahan makanan di Indonesia masih sedikit. Sementara di luar negeri produksi makanan dan minuman khusus yang bebas gluten dan casein sudah banyak dan diproduksi dengan alat modern.


Bahan makanan yang tersedia di toko ini cukup beragam. Ada susu bebas gluten, gula bebas aspartam atau pemanis buatan, kecap tanpa bahan pengawet, sagu, beras, kerupuk, tepung beras, tepung ketan, bahan-bahan pembuat kue khusus yang juga bebas gluten, serta vitamin yang sering dianjurkan dokter.


Bukan hanya itu, toko ini juga menyediakan banyak buku pengetahuan tentang autisme serta mainan yang bisa membantu anak autisme mengembangkan kreativitasnya. (Fit/Abd)




Sumber Liputan6




Info Alkes

No comments:

Post a Comment