Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Wednesday, April 17, 2013

Hipertensi, Tema Hari Kesehatan Sedunia

Hipertensi, Tema Hari Kesehatan Sedunia

Liputan6.com, Pada Hari Kesehatan Dunia yang jatuh 7 April bertema hipertensi, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menyerukan upaya pencegahan dan pengendalian penyakit yang juga dikenal dengan nama darah tinggi.

Hipertensi diperkirakan memengaruhi lebih dari satu dari tiga orang dewasa usia 25 tahun ke atas atau sekitar satu miliar orang di seluruh dunia. Penyakit itu mengakibatkan hampir 9,4 juta kematian akibat serangan jantung dan stroke setiap tahun.

Penyakit tersebut juga meningkatkan risiko kondisi seperti gagal ginjal dan kebutaan, kata Direktur Jenderal WHO Margaret Chan dalam pertemuan bagi peringatan Hari Kesehatan Dunia di Markas WHO di Jenewa.

Hipertensi biasanya tidak memperlihatkan gejala apa pun selama bertahun-tahun atau bahkan beberapa dasawarsa dan tanda peringatan dini penting akan lewat tanpa perhatian, kata Direktur Jenderal WHO tersebut.

"Tujuan kita hari ini ialah membuat orang menyadari perlunya untuk mengetahui tekanan darah mereka, memberi perhatian serius pada tekanan darah tinggi, kemudian melakukan pemantauan," kata Chan sebagaimana diberitakan Xinhua, Jumat (5/4/2013).

Chan menekankan bahwa mengetahui tingkat tekanan darah adalah langkah penting pertama untuk mencegah serta mengendalikan hipertensi.

Menurut laporan tersebut "A Global Brief on Hypertension silent killer, global public health crisis", yang dikeluarkan oleh WHO pada Rabu, Afrika menghadapi prevalensi hipertensi tertinggi, 46 persen orang dewasa yang berusia 25 tahun dan lebih , sementara negara-negara Amerika paling rendah, 35 persen.

Berkat kebijakan masyarakat yang tepat dan akses lebih baik ke perawatan kesehatan, negara dengan penghasilan tinggi memiliki prevalensi hiperteni lebih rendah, 35 persen, dibandingkan dengan negara yang berpenghasilan rendah dan menengah.

Pencegahan dan pemantauan hipertensi memerlukan upaya dari pemerintah dan pembuat kebijakan, dan pekerja kesehatan, masyarakat peneliti akademis, masyarakat sipil, sektor swasta dan keluarga serta per orangan, semuanya, memili peran untuk mereka mainkan, kata laporan tersebut.

Hari Kesehatan Dunia, yang menandai peringatan berdirinya WHO pada 1948, dirayakan setiap tahun pada 7 April, dengan menampilkan bidang prioritas dalam kesehatan masyarakat global.

Tema Hari Kesehatan Dunia 2013 adalah tanggapan bagi Deklarasi Politik PBB mengenai Penyakit yang Tidak Menular, yang disahkan pada 2011. Berdasarkan kesepakatan itu, semua negara diminta memberi tekanan lebih besar pada upaya mendorong aksi kesadaran masyarakat untuk meningkatkan pencegahan dan pemantauan penyakit yang tidak menular seperti sakit jantung dan stroke, kata organisasi kesehatan dunia tersebut. (Abd)



Sumber Liputan6



Info Alkes

No comments:

Post a Comment