Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Saturday, April 20, 2013

Permen Camcau Buatan Empat Mahasiswa Universitas Negeri Yogya

 

Liputan6.com, Camcau atau cincau kerap dimanfaatkan sebagai bahan minuman terutama di saat puasa. Berdasarkan penelitian, manfaat camcau ternyata cukup banyak. Selain rendah kalori dan berserat tinggi, camcau memiliki kandungan mineral seperti kalsium dan fosfor. Camcau juga dapat meredakan panas dalam, sembelit, perut kembung, demam serta diare. Seratnya yang tinggi bermanfaat membersihkan organ pencernaan dari zat karsinogen penyebab kanker.


Sampai saat ini pemanfaatan daun camcau masih tergolong sederhana. Paling banter hanya dicampur santan atau gula dan es sebagai bahan minuman. Karena ingin memanfaatkan secara optimal bahan makanan yang dibuat dari daun camacau ini, empat mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta Jurusan Pendidikan Bahasa antara lain Ami Nurhayati (Pendidikan Bahasa Jerman 2009), Iwuk Wijayanti (Pendidikan Bahasa Jerman 2009), Ervina Rahayu (Pendindikan Bahasa Jerman 2009) dan Ana Risqiana Putri (Pendidikan Bahasa Jawa 2010) sepakat membuat terobosan dengan memanfaatkan daun camcau hijau sebagai bahan dasar pembuatan permen jelly.


Ide dengan judul “Pemanfaatan Daun Camcau Hijau Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Permen Jelly yang Menyehatkan Guna Meningkatkan Nilai Ekonomis Tanaman Camcau” itu akhirnya berhasil menjadi salah satu Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang lolos dan didanai oleh Direktorat Perguruan Tinggi (DIKTI) pada 2013. Selain PKM Kewirausahaan (PKM-K) yang diketuai Ami Nurhayati tersebut, masih ada 7 PKM dari Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta (FBS UNY) yang lolos.


Ami Nurhayati mengungkapkan bahwa permen merupakan makanan yang umumnya dikonsumsi oleh semua orang, baik tua maupun muda. Semua kalangan menyukainya.


“Karena banyak orang Indonesia yang suka ngemil, kenapa tidak dicoba mengusung permen sebagai produknya. Permen kan bentuknya minimalis, ringan, dan mudah dibawa.” ujarnya seperti dikutip uny.ac.id, Senin (8/4/2013).


Mengenai proses pembuatan permen ini, Ami yang juga seorang pemandu Bahasa Jerman menjelaskan bahwa proses pembuatannnya hanya menghabiskan waktu satu hari.


Sementara ini, produksi dari PKM-K yang dibimbing oleh Iman Santoso, M.Pd. dan Isti Haryati, M.A. tersebut masih dikemas sederhana. Ke depan, tim ini berencana mengemas permen jelly dengan menggunakan bahan yang ramah lingkungan dan dilengkapi dengan keterangan komposisi. “Supaya konsumen mengetahui detail khasiatnya,” kata Ami. (Abd)




Sumber Liputan6




Info Alkes

No comments:

Post a Comment