Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Monday, April 22, 2013

Ukur Tensi Darah Harus Santai, Jangan Tahan Pipis

Liputan6.com, Jakarta : Mengukur tekanan darah (tensi) ada caranya. Selain harus dalam kondisi yang santai, posisi saat ditensi juga harus diperhatikan. Salah mengukur bisa jadi tensi meninggi.

Hal ini disampaikan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. Ika prasetya wijaya, SpPD, K-KV, FINASIM, dalam konferensi pers Hari Kesehatan Dunia dengan tema 'Waspadai Hipertensi Kendalikan Tekanan Darah' di Jakarta, Senin (8/4/2013).


"Ketika ditensi usahakan posisi duduk bersandar pada kursi karena posisi itu membuat seseorang jadi rileks," kata dr Ika.


Selain itu, dr Ika juga memberikan beberapa kiat untuk mengukur tensi Anda
Mengukur tekanan darah sebaiknya saat sedang santai, jangan ketika sibukPemeriksaan dilakukan dua jam setelah makan porsi besarTiga puluh menit setelah minum kopi atau merokokLakukan saat duduk tenang, jangan sambil ngobrol sama perawatDuduk bersandar saat ditensi karena posisi itu membuat seseorang merasa rileksUsahakan yang ditensi lengan kanan atas, jangan lengan kiri karena lengan kiri atas biasanya tensinya lebih tinggi sedikit.Menutupi sepertiga lenganKalau buat pasien gemuk atau tangan besar tak bisa pakai tensi biasa tapi tensi yang khusus.Saat diperiksa tekanan darah, jangan tahan pipis karena bisa bikin tekanan darah naik.Hipertensi seringkali disebut silent killer atau membunuh dengan diam-diam, senyap karena terjadi dengan tanpa tanda atau gejala. Pasien seringkali baru menyadari bila telah menyebabkan gangguan pada organ tubuh.

Penelitian mengungkapkan bahwa sebanyak 76,1 persen penduduk tidak mengetahui dirinya mengidap hipertensi, dan hanya 7,2 persen penduduk yang mengetahui dirinya menderita hipertensi. (Zul/Mel)




Sumber Liputan6




Info Alkes

No comments:

Post a Comment